Kamis, 11 Oktober 2012

Semester 1 (Materi Praktikum 2)


“MS DOS DAN LINUX”
 

DOS (Disk Operating System) jugamerupakan salah satu aplikasi yang ada dalam system operasi windows. Dos memiliki fungsi yang hampir sama dengan windows explorer. Akan tetapi pada umumnya mesyarakat lebih cebderung ke penggunaan windows explorer yang lebih mudah dengan adanya bantuan mouse yang tinggal menggunakan fasilitas klik baik itu klik kiri maupun klik kanan untuk melakukan pencarian atau untuk mengakses data kita harus menggunakan perintah-perintah dan apabila terjadi kesalahan maka prosesnya pun  mengalami kesalahan pula.
Beberapa perintah yang biasa digunakan :
·         Perintah membersihkan layar
Contoh perintahnya, c:\>cls <enter>
·         Memindahkan drive aktif
Contoh perintahnya, c:\>D: <enter>
·         Melihat isi daftar file dalam disket atau hardisk
Contoh perintahnya, d:\>dir <enter>
·         Menyalin atau mencopy file
Contoh perintahnya, ketik copy d:\>[nama file] d:\[nama folder] <enter>
·         Menghapus file
Contoh perintahnya,  d:\>del [nama file] <enter>
·         Membuat directory atau folder
Contoh perintahnya, d:\md[nama folder]
·         Mengubah nama file
Contoh perintahnya, d:\>ren[nama file lama] [nama file baru]
·         Menampilkan diagram dari sebuah direktori atau folder
Contoh perintahnya, d:\[nama folder] tree


Linux adalah salah satu systemoperasi computer yang bertipe unix. Linux (diucapkan ˈlɪnəks atau /ˈlɪnʊks/) adalah nama yang diberikan kepada sistem operasi komputer bertipe Unix. Linux merupakan salah satu contoh hasil pengembangan perangkat lunak bebas dan sumber terbuka utama. Seperti perangkat lunak bebas dan sumber terbuka lainnya pada umumnya, kode sumber Linux dapat dimodifikasi, digunakan dan didistribusikan kembali secara bebas oleh siapa saja.
Nama "Linux" berasal dari nama pembuatnya, yang diperkenalkan tahun 1991 oleh Linus Torvalds. Sistemnya, peralatan sistem dan pustakanya umumnya berasal dari sistem operasi GNU, yang diumumkan tahun 1983 oleh Richard Stallman. Kontribusi GNU adalah dasar dari munculnya nama alternatif GNU/Linux.
 Hal yang menarik dari system operasi GNU/Linux  adalah penggunaan shell command tetap dipertahankan kerena alasan berikut :
1.      Kebanyakan konfigurasi system dapat dilakukan dari shell command
2.      Linux shell memberikan fleksibilitas terutama saat anada bekerja dengan banyak file.
3.      Untuk tindakan penyelamatan terhadap sebuah data atau recovery terhadap sistem dan pekerjaan maintenance sistem pada single mode dapat anda lakukan lewat shell command.


Tidak ada komentar: