Minggu, 16 September 2012

DRAMA


ini adalah Dialog Pementasan Drama saat saya menduduki bangku kelas XII SMA NEGERI 1 PAMBOANG



"ADA CINTA DI PESANTREN"
               PEMAIN
·        Pak Wijaya
·        Ibu Wijaya
·        Rio
·        Nita
·        Riri
·        Sandi
·        Dian
·        Tini
·        Ibu dokter
·        Usdtazah

ADEGAN 1
Suatu kota hiduplah keluarga Pak Wijaya dengan seorang Istri dan seorang anaknya yang bernama Rio. Rio anak yang bandel, sering bolos dan mabuk-mabukan. Suatu malam saat pak Wijaya sedang nonton TV sekitar pukul 00.00 Rio pulang dalam keadaan mabuk.

Pak Wijaya   : “Rio dari mana kamu ? kamu tau ini jam berapa ?”
Rio                 : (dengan nada cuek sambil tersenyum) “pa Rio bukan anak kecil. Ya iyalah… mana
                          Rio tau ini Jam berapa”                                    
                                                                                                                                                                                                         
Pak Wijaya   : “Rio kamu mabuk ya ? kamu benar-benar kelewatan !”
Ibu Wijaya    : “ada apa sih ini ? malam-malam masih ko’ masih berisik ?”
Pak Wijaya   : “tuh liat anakmu, pulang malam terus, mabuk lagi ! nantinya dia mau jadi apa ?”
Ibu Wijaya    : “apa ? anak mama ? pa, memangnya Rio itu bukan anak Papa ?”
Pak Wijaya   : “anak apa yang bisanya cuma mempermalukan orang tua saja !”
Ibu Wijaya    : “tapi pa…”
Rio                 : “diam (dengan nada yang keras), kalian berdualah orang tua yang tidak berguna !
                           tidak Pernah memperhatikan anaknya sendiri. Sudahlah kalo papa dan mama                    
                           masih mau bertengkar Silahkan dilanjutin, Rio cape’ ! Rio mau istirahat”
Pak Wijaya   : “Rio jangan pergi dulu, papa belum selesai bicara !!! “

 (Rio terus berjalan ke kamar tanpa menghiraukan papanya).



ADEGAN 2
Pagi itu Rio dibangunkan oleh mamanya namun Rio tidak langsung bangun justru melanjutkan tidurnya kembali, mungkin karena kecapean  semalam mabuk-mabukan.
Ibu Wijaya berjalan keluar menuju ruang makan.

Pak Wijaya   : ” mana anak kamu ? ko’ tidak ikut sarapan ? “
Ibu Wijaya     : ”katanya sih masih ngantuk pa.”
Pak Wijaya    : ”lihat akibatnya kalau mama terlalu manjain dia !”
Ibu Wijaya     : (dengan nada yang pelan) “pa gimana yah caranya supaya Rio berubah ?”
Pak Wijaya    : ”ntahlah ma, papa juga bingung (berfikir sejenak). Ma papa punya ide”
Ibu Wijaya     : ”ide apa sih pa ? mama jadi penasaran”
Pak Wijaya    : ”mama tidak perlu tau, mama tenang saja ! papa yakin Rio pasti bisa berubah”
Ibu Wijaya     : ”ah papa bikin penasaran aja !” (berjalan menuju dapur).
Tiba-tiba Rio muncul….
Pak Wijaya    : ”Rio sini sebentar nak ! papa mau bicara”
Rio                  : “ada apa pa?”
Pak Wijaya    : ”papa mau kirim kamu ke pesantren. Pesantren itu milik teman papa”
Rio                  : “what ? pesantren ? papa nggak salah kan ? masa ngirim Rio ke pesantren ? apa di
                            kota ini Sudah tidak ada SMA lagi, sampai-sampai Rio anak seorang Wijaya
                            Pengusaha yang terkenal Harus dimasukkan ke pesantren ? ntar teman-teman
                            Rio bilang apa ?”
Pak Wijaya    : (dengan muka yang marah) “Rio papa tidak bercanda, besok kamu bereskan baju-
                          Baju kamu. Lusa kamu berangkat, papa akan antarin kamu.”
Rio                  : (dengan muka sedih dan memohon) “tapi pa?”
Pak Wijaya    : (memotong pembicaraan Rio) “sudahlah Rio, tidak usah banyak protes ! kamu
                          nurut aja sama papa ! (berdiri menuju kamar, tapi tiba-tiba berbalik lagi) satu lagi,
                          surat pindah Sudah papa urus.”



ADEGAN 3
Pagi itu Rio ke sekolah untuk terakhir kalinya. Dan Nita pun datang menemui Rio.
Nita         : “Rio.. kamu tuh benar-benar tega yah ! kenapa kamu mau ninggalin aku ? kenapa
                     kamu Tetapi nggak pernah bilang-bilang sama aku !”
Rio           : “ta tenang dong sayang (sambil memegang pundak Nita), aku juga nggak mau pergi
                      tapi Papa maksa”
Nita         : “tapi Rio.. aku nggak mau kehilangan kamu”
Rio           : “sayang yang bilang kamu akan kehilangan aku siapa ? aku janji, aku akan ngabarin
                     kamu dan tidak akan pernah melupakan kamu !”
Nita         : “janji yah ?”
Rio           : “iya sayang aku janji, sekarang senyum donk ! yah udah aku mau pulang dulu soalnya
                       aku mau beres-beres. Daaa sayang”

Tiba-tiba Dian datang…
Dian         : (mengagetkan Nita)“heeee !”
Nita          : “astaga kamu apa-apaan sih ? kalau jantung aku copot bagaimana ? apa kamu mau
                        tanggung jawab ?”

Dian      : “aduhhh… cewek yang paling cantik di sekolah ternyata bisa marah juga yah !”
Nita       : “please deh Din”
Dian      : “lagian siang-siang gini ko’ ngelamun ? kesambet setan baru tau rasa loh !”
Nita       : “aku bukannya ngelamun tapi kamu tau kan ? hari ini Rio pindah sekolah dan itu
                    artinya aku sama dia akan berpisah.”
Dian      : “yah udah Nit, sabar aja yah”


ADEGAN 4
Akhirnya Pak Wijaya dan Rio berangkat menuju Pesantren. Pukul 14.00 Pak Wijaya dan Rio tiba di pesantren.
Uztadzah     : “Assalamu alaikum Pak Wijaya, selamat datang di pesantren kami !”
Pak Wijaya  : ”waalaikum salam… oh iya bu’ kenalkan ini anak saya Rio.”
Uztadzah     : “ooh jadi ini yah yang namanya Rio ?” (sambil bersalaman dengan Rio dan     
                          tersenyum)
Pak Wijaya  : ”Rio papa pulang dulu yah, kamu baik-baik di sini dan jangan pernah kamu
                          Permalukan papa, kamu mengerti kan Rio ?”
Rio                : “iya pa Rio ngerti ko’ “
Pak Wijaya  : ”bu’ saya titip Rio yah, tolong jaga dia baik-baik”
Uztadzah     : “baik pa, saya akan menjaga amanat Bapak.”
Pak Wijaya  : ”terima kasih bu’.. assalamu alaikum”
Uztadzah     : “waalakum salam wr. Wb”

Setelah Pak Wijaya pergi, Uztadzah memanggil Sandi.

Uztadzah    : “mari Rio Sari akan tunjukin kamar kamu”(lalu meninggalkan Rio dan Sandi)
Sandi          : “hai saya Sandi “
Rio              : “hai juga, BTW ko’ nama kamu kayak cowo sih ? penampilan kamu juga tomboy,
                         kamu bilang Namamu Sandi tapi Uztadzah manggil kamu Sari, aku jadi bingung”
Sandi          :  (sambil tertawa) “jangan bingung gitu donk friend, sebenarnya nama aku
                       Nursandika Sari tapi ustazdah biasa manggil aku sari tapi aku ngak suka.terlalu
                       feminim. Makanya, teman-teman yang ada di pesantren ini memanggil aku sandi.
                       So , menurut aku kedengaranya lebih bagus dari pada sari.”
Rio              : “Dasar. . . . . . kamu memang cewek aneh!”
              Sandi          : “Dah sampai ini kamar kamu dan aku harap kamu bisa betah tinggal disini”
Rio              : “ya,, udah thanks ya sari, upss. . . . . Sandi”


ADEGAN 5
Rio pun mulai beradaptasi dengan lingkungan barunya. Pukul 05.00 subuh seluruh santri berkumpul di Mushollah untuk shalat Subuh berjamaah. Saat itu Rio sedang berbincang-bincang dengan Sandi, tiba-tiba Riri dan Tini lewat di depan mereka.

Tini      : “Ri, Ri… liat deh ada cowok ganteng ! perasaan saya baru liat dia deh di pesantren ini.
                 Santri baru kali yah ?
Riri       : “udah deh Ti, cowoknya nanti aja. Lebih baik kita sholat dulu nanti waktunya habis loh”
Tini      : “iya Usdtazah, bawal banget sieh ?!”
 Rio      : “Di siapa sieh cewe’ itu ?”
Sandi   : “ooh itu Riri, dia cewek yang paling alim di pesantren ini. Emangnya kenapa ? kamu
   naksir yah ?”
Rio       : “aah Sandi bisa aja, aku kan cuma nanya doank !”


ADEGAN 6
Setelah sholat subuh seluruh santri pun menjalankan aktivitasnya seperti biasa dan Rio pun sedikit demi sedikit mempelajari kebiasaan di lingkungan barunya itu. Sekitar pukul 16.30 Rio sedang di kamar dan tidak tahu mesti berbuat apa. Dia pun berjalan keluar kamar tuk cuci mata dan ketika dia membuka pintu dia langsung melihat Riri yang melintas di depan kamarnya.

Rio      :  “Hai cewek ! boleh kenalan nggak ? “
Riri      :  (hanya tertunduk dan tersenyum) “Assalamu Alaikum “ (berjalan terus dan pergi)
Rio      :  (kebingungan) “waalaikum salam. Ih cewek itu Aneh banget sih ? ditanyain ko’ malah
               nunduk dan pergi”
Sandi  :   (datang tiba-tiba) “weitzzz.. lagi ngapain boz ? lagi melamun yeah ?”
Rio       :  “nggak.. tadi Riri lewat trus aku sapa dia, eh dia malah tunduk dan tersenyum.”
Sandi  :  “oooh.. itu sieh salah kamu, aku kan sudah bilang dia tuh Cewek yang paling taat
               beribadah”
Rio      :  ”trus ? apa hubungannya ?”
Sandi  :  “ aduh dasar bego’. Ya iyalah dia pasti bakalan tunduk dan tersenyum karena dia fikir 
                  kalo kamu dan dia tuh bukan muhrimnya.”
Rio      :  “bukan muhrimnya ? apa lagi tuh ?”
Sandi  :  “makhsudnya kalian tuh belum nikah dan juga bukan saudara, ngerti  nggak ?”
Rio      :  “ooh gitu. Berarti aku sama kamu bukan muhrim donk ?”
Sandi  :  “ya’ iyalah tapi masa bodoh aku nggak peduli, lagian kan kita nggak melakukan hal-hal
   yang di luar batas!”
Rio      :  “dasar kamu.. ! ngomong-ngomong aku bisa minta tolong nggak ?”
Sandi  :  “minta tolong apa ?”
Rio      :  “yah urusin aku sama Riri”
Sandi  :  “tuh bener kan apa yang aku bilang.. pasti kamu naksir ma Riri kan ?”
Rio      : (tersipu malu)
Sandi :  “ok deh bozzz itu masalah gampang ko’ “



ADEGAN 7
Suatu hari setelah sholat Subuh Rio berjalan –jalan di sekitar Pesantren tiba-tiba Riri juga sedang jalan-jalan. Hati Rio sangat senang melihat Riri.

Rio   : “Assalamu alaikum”
Riri   : (tersenyum) waalaikum salam “
Rio   : “kamu mau ke mana Ri ?”
Riri   : “mau ke kamar Tini”
Rio   : “aku temenin yah ?”
Riri   : “boleh.. “

Saat Rio dan Riri sedang berjalan dan ngobrol, tiba-tiba Nita datang

Nita  :  “Rio… ternyata begini yah kelakuan kamu di sini ?”
Riri   :  (kaget dan langsung lari meninggalkan Rio)
Rio   :  “Riri kamu mau ke mana ? maaf sayang, jangan marah dulu donk !”
Nita  :  “kenapa kamu tidak pernah hubungi aku ?”
(Nita dan Rio akhirnya bercerita panjang lebar dan Tini datang sambil berlari ketakutan)
Tini  : “Rio… Riri pingsan dan sekarang dia ada di rumah sakit”
Rio dan Nita : “apa rumah sakit ?”
Rio   : “maaf say saya mesti ke rumah sakit sekarang”
(usdtazah pun datang dan mereka bertiga menuju ke rumah sakit sedangkan Nita pulang ke rumahnya)


ADEGAN 8
Di rumah sakit suasana tampak hening dan Usdtazah, Tini, Rio dan Sandi menunggu dokter yang memeriksa Riri di dalam ruangan. Mereka semua khawatir terhadap keadaan Riri. Tidak lama kemudian Dokter pun keluar dari ruangan.
Tini       :  “dok bagaimana keadaan Riri ?”
Dokter :  “buruk sekali, sekarang kalian berdo’a saja demi kesembuhan pasien”
Tini       :  “makhsud Dokter ?”
Dokter :  “sabar yah, Riri sudah tidak punya harapan lagi, kankernya sudah menjalar keseluruh
   bagian tubuhnya, ini sudah sangat berbahaya”
Rio        : (memotong pembicaraan dokter) “apa Dok ? Kanker ?”
Dokter :  “iya kanker”
Rio        :  “apakah kami bisa melihat Riri sekarang Dok ?”
Dokter :  “boleh tapi jangan berisik yah ?”
Rio       : (masuk ke ruangandan duduk di samping Riri) “ Riri, kenapa kamu menyembunyikan
 penyakitmu ini dari aku ?”
Tini      :  “Rio.. sudahlah biarkan Riri istirahat”
Rio       :  “Usdtazah.. Allah itu sayang sama hambanya kan ? dan Allah pasti mengabulkan do’a
                  hambanya, iya kan ?(dengan nada pelan dan sedih)
Usdtazah, Tini dan Sandi : “iya Rio…”
Rio            : “ya Allah.. selama ini aku belum pernah meminta apa pun darimu, aku sadar ya Allah
                     kalau selama ini aku tidak pernah mengingatmu, aku hanya sibuk dengan semua
                     urusanku yang tak jelas itu. Tapi saat ini aku minta ya Allah, sembuhkanlah Riri dan
                     jangan ambil dia ya Allah, aku mohon kabulkan do’aku ini, amin !”                          
Usdtazah :  (memegang tangan Riri) “astagfirullah, denyut nadinya berhenti”
Rio            : (panik) “Tini cepat panggil dokter !!!”
Tini           : (berlari kepintu dan berteriak memanggil Dokter) “dokter… dokter !!”
Dokter     : (datang dengan tergesa-gesa dan langsung memeriksa Riri, setelah itu dia berdiri
                    dengan wajah yang sedih) “maaf, kami sudah berusaha namun tuhan bekehendak
                    lain, lebih baik ibu segera menghubungi orang tuanya”
Usdtazah, Sandi dan Tini : “Innalillahi wa inna ilaihi Rojiun”
Rio           : “tidaaakkk…. Riri bangun Ri ! (tunduk dan sedih)”

Riri pun menghembuskan nafas terakhirnya dengan di kelilingi oleh orang-orang yang menyayanginya. Rio merasa sangat kehilangan begitu pun dengan Rio karena Rio sangat suka dengan kepribadian Riri yang begitu baik dan sederhana. Rio pun berubah menjadi anak yang baik dan sadar bahwa kematian itu pasti akan datang.

Tidak ada komentar: